Panduan Awal Bermain Minecraft

Selamat datang di panduan awal bermain Minecraft!
Minecraft adalah permainan sandbox yang memiliki dunia yang luas dan indah, tapi untuk seorang pemula yang baru mengenal minecraft sepertinya agak sulit untuk memulai permainan ini hoho. Oke yg pertama cobalah untuk membiasakan bermain minecraft dan mulailah dari yang paling sederhana.
Ini adalah panduan sederhana, untuk para crafter newbie yang baru mengenal Minecraft, kita akan berbicara mengenai pengumpulan sumber daya alam (SDA) bertambang ( mining ) dan kerajinan ( crafting ), mebangun tempat tinggal dan menjelajahi kedalaman dunia minecraft.

Ada banyak cara yang berbeda untuk bermain minecraft, dan ini hanyalah salah satu dari banyaknya metode untuk memulai kehidupan di dunia minecraft, ini hanyalah panduan sederhana untuk para crafter newbie yang baru mengenal minecraft, jika ingin mengenal minecraft lebih dalam, selebihnya bisa kalian lihat di wiki yang lebih komplit. Setelah kamu sudah mencoba cara ini jangan ragu untuk memulai dunia baru dan mencoba melakukan hal-hal yang sedikit berbeda dari ini.

Oke, langsung saja kita simak panduannya dibawah, Panduan awal cara bermain Minecraft~

Spawn World ( awal permulaan di dunia minecraft ) kamu bisa melihat disekitar, mungkin kamu sedang ada di hutan, bukit, atau mungkin di sebuah danau.

Hal utama yang kamu butuhkan adalah Wood ( kayu ) dengan jumlah yang banyak. Carilah pohon dan potong lah kayu tersebut dengan tangan ( Klik Kiri ). Kumpulkan lah kayu sekitar 25 blok Wood.

Sekarang carilah tempat untuk perlindungan yang layak, untuk dijadikan rumah kamu. Saran saya carilah tempat yang banyak blok stone ( batu ) agar memudahkan kalian mendapat sumber daya dan harta karun dari sana, dan jangan lupakan Coal ( batu bara ) untuk penerangan ( jika belum tau coal nanti akan ada penjelasannya ).

Jika sudah menemukan tempat yang tepat untuk dijadikan tempat tinggal, saatnya kita crafting ( membuat kerajinan ) tekan tombol 'E' untuk membuka Inventory, maka akan tampil seperti gambar diatas. 9 Kotak paling bawah adalah kotak aktiv, digunakan untuk beraktifitas. Lalu kotak 3x9 yang ada di tengah adalah kotak persediaan kamu, bisa untuk menyimpan benda yang kamu temukan.
Dan 4 kotak atas kiri, sejajar keatas, yang membentuk suatu badan manusia adalah tempat dimana kamu bisa menggunakan armor yang bisa terbuat dari beberapa element. Lalu disamping kanan ada 4 kotak itu adalah tempat Crafting dan 1 kotak di kanannya adalah hasil yang telah dibuat dari crafting.

Hal pertama yang kita butuhkan adalah papan kayu (wood plank) untuk mebuat item lainnya.
Masukan semua Wood yang tadi didapatkan dari menebang pohon ke dalam 1 ruang di kotak crafting dan kamu akan melihat wood plank (papan kayu) di sebelah kanannya. Ambil semua Wood Plank tersebut dan simpan ke dalam Inventory kamu, terus lakukan sampai Wood kamu habis.
Setelah kita mempunyai Wood Plank kita bisa membuat item jauh lebih baik jika kita punya meja pengrajin (Crafting Table)

Sekarang kita buat Crafting Table, masukan 1 Wood Plank ke semua 4 kotak Crafting, dan kita akan melihat Crafting Table muncul di sebelah kanannya. Ambil Crafting Table tersebut dan masukan kedalam kotak aktiv agar bisa di tempatkan. Sekarang kita punya Crafting Table.

Sekarang tempatkan Crafting table tersebut dimana saja, agar crafting table dapat digunakan.
Klik kanan untuk menggunakan Crafting Table dan kamu akan melihat kotak Crafting 3x3 didalamnya.

Sekarang kita buka crafting table tersebut dan buatlah tongkat ( stick ), masukan Wood Plank seperti dan susun seperti diatas, lalu ambil sticknya.





 
Setelah mempunyai stick, sekarang saatnya kita membuat alat penghancur batu ( Pickaxe ),
Susunlah stick dan Wood plank seperti diatas dan ambilah pickaxe tersebut. gunakan pickaxe untuk membuat tempat berlindung, kita juga bisa gunakan stick untuk membuat alat alat lainnya dengan Crafting Table.

Jika sudah punya pickaxe saatnya kita membuat tempat perlindungan, hancurkan batu ( stone ) menggunakan pickaxe, karena jika tidak pakai pickaxe untuk menghancurkan batu jadi sangat lama.  ( kita akan mendapatkan Cobblestone jika kita menghancurkan batu dengan Pickaxe )
Hancurkan batunya dan buatlah ruangan secukupnya untuk kita jadikan tempat berlindung.
 
Jika sudah mendapatkan banyak cobblestone kembalilah ke Crafting table dan gunakan Cobblestone untuk membuat pickaxe yang lebih kuat, ( sama seperti membuat Wood Pickaxe hanya saja Wood nya diganti dengan Cobblestone. )

Seperti yang sudah saya bilang, kita membutuhkan coal (batu bara) untuk penerangan.
kalian lihat bercak hitam yang ada dibatu, ya itu adalah coal, carilah coal sebanyak banyaknya untuk membuat Obor ( Torch ) atau membuat Api.

Hancurkan blok yang berbercak hitam menggunakan pickaxe, dan hasilnya kamu akan mendapatkan batu bara ( coal ), ambil sebanyak banyaknya coal tersebut. Jika sudah mendapatkan coal kita kembali ke crafting table.

Hancurkan saja crafting table menggunakan tangan, dan tempatkan lagi kedalam rumah yang sudah kamu buat tadi.

Gunakan crafting table untuk membuat Obor ( torch ) dengan cara susun stick dan obor seperti gambar diatas, jika sudah ambil obor nya dan tempelkan saja ditembok agar tidak gelap.

Buat juga pintu (Wooden Door) dengan menggunakan kayu, susunlah wood plank 2x3 seperti pada gambar dan ambil pintu nya, taruh di kotak aktiv untuk dipasang.

Nah sekarang tutupi rumah dengan cobblestone dan pintu, untuk mencegah datangnya parah monster mendekati kamu, ( hati-hati pintu bisa dihancurkan dengan zombie jika tahu kamu ada didalam )

Kembali lagi ke chest, sekarang kita buat Chest dan Furnace, dengan Wood Plank dan Cobblestone.
buat 2 buah chest menggunakan Wood Plank, susun melingkari kotak Crafting dan sisakan bagian tengah. Jika sudah buat juga Furnace, caranya sama hanya saja bahannya dari Cobblestone.

Tempatkan Chest dan Furnace disamping meja Crafting.
Chest dapat berguna untuk menyimpan barang barang yang kita punya.
Furnace berguna untuk membakar & melebur bijih besi, emas atau memasak makanan, dll.
Jika sudah saatnya kita bertambang (mining) :)

Buatlah jalan sampai kebawah, membentuk seperti tangga agar memudahkan kita naik atau turun.
lalu carilah banyak harta karun dibawah seperti besi, emas, diamond, dll.

Nah itu yang berbercak krem itu adalah contoh bijih besi.

nah bijih besi (Iron Ore) yang didapatkan bisa dilebur menjadi Besi (Iron) dengan menggunakan Furnace, caranya dengan memasukan batubara (Coal) disusun dibawah untuk bahan pengapian dan barang yang ingin dibakar di susun diatasnya. Jadi jika ingin melebur Iron Ore, susun Iron Ore nya diatas, dan ambil Iron di kanannya.

Iron berguna untuk membuat alat alat yang lebih baik dan lebih kuat dari Stone, dapat digunakan untuk membuat Iron Sword, Armor, dan masih banyak lagi.


Semakin dalam kamu menambang ( mining ), kamu bisa mendapatkan harta yang lebih banyak, kamu bisa menemukan bijih Emas ( Gold Ore ) atau bahkan bijih Diamond ( Diamond Ore ),  Tapi ingat juga, Semakin dalam kalian menambang kebawah juga semakin banyak monster yang menunggu kalian. Jadi Berhati-hatilah saat menambang.
Jika kalian menemukan Gold Ore / Diamond Ore saat menambang, untuk mengambilnya harus menggunakan Iron Pickaxe ( tidak bisa jika kalian menggunakan Stone Pickaxe ), kalian sudah tahukan cara membuat Pickaxe, Ya! jika ingin membuat Iron Pickaxe cukup ganti saja bagian atasnya dengan Iron.

Setelah lihat cara bermain minecraft diatas jangan lupa baca juga:
Hal yang harus di Ketahui Tentang Peternakan dan Pertanian
Previous Post Next Post