Cara Menumbuhkan Tanaman di Minecraft


Lahan Pertanian
Lahan pertanian adalah tanah yang biasa digunakan untuk menanam bibit sayur atau buah-buahan di Minecraft. Beberapa jenis tanaman membutuhkan lahan pertanian untuk bisa ditanam/tumbuh, dan lahan untuk pertaniaan bisa dibuat dengan menggunakan Hoe/Cangkul. Lahan untuk bertani itu hampir keliatan sama kaya tanah biasa atau Dirt, tapi blok nya sebenernya beda.


Lahan yang dibiarin dan ga ditanemin terlalu lama maka lahannya akan kembali jadi tanah biasa atau Dirt, juga kalo lahan kita dilompat-lompatin ama karakter kita sendiri atau ga sengaja dilompatin sama mobs/monster maka lahannya akan kembali jadi Dirt. Maka dari itu jangan loncat loncat ya di tanah ladang , ntar ladang kamu hancur.

Tanah Yang Lembab (Terhidrasi)
Kalo mau tanamannya tumbuh kita harus memberi air untuk tanaman-nya, kamu bisa deh kasih air untuk membuat lahan kamu supaya tetap basah/lembab. 1 Blok Air bisa menjangkau tanah hingga 4 blok untuk membuat lahan kamu tetap lembab.

Pencahayaan
Beberapa jenis tanaman membutuhkan cahaya untuk bisa tumbuh, kalo kamu nanam nya diluar rumah maka tanaman bisa tumbuh alami karena cahaya dari matahari di siang hari, tanaman kamu juga bisa tumbuh dimalam hari kalo di kasih cahaya dari obor. Dan kalo kamu pengen nanam tanamannya didalam ruangan maka harus dikasih obor juga, karna kalo ga tanamannya ga bakal tumbuh.

Bone Meal
Tanaman juga bisa dipupuk menggunakan Bone Meal ini supaya taneman kamu bisa cepet tumbuh. Kamu bisa dapetin Bone Meal dari mobs skeleton. Kalo kamu teken klik kanan ke tanaman kamu, nah ada kemungkinan tanaman kamu bisa langsung siap panen.

Wheat
Wheat atau Gandum adalah tanaman yang akan kamu tanam untuk pertama kali.




Seeds
Pertama kamu butuh seeds, kamu bisa dapetin seeds dari menghancurkan rumput liar yang banyak tumbuh di tanah hijau. Hancurkan beberapa aja, nanti kamu juga bisa dapat banyak setelah panen gandum nya.

Menanam untuk pertama kali
Pertama-tama kamu buatlah Hoe Atau Cangkul:


..dan persiapkan beberapa tanah ladang yang sudah diberi air. Tanam bibit/seeds kamu dan tunggulah sampai tanaman itu berkembang. Jangan lupa pasang obor di dekat ladang kamu supaya tanaman-nya bisa tetap tumbuh di malam hari. (untuk mempercepat pertumbuhan tanaman)

Gandum pertama kamu akan terlihat seperti ini!

Lebih bagus lagi kalo kamu bisa dapet tulang dari mobs skeleton, dan kamu bisa buat Bone Meal untuk mempupuki tanaman kamu. 2 kali pake pupuk kadang tanaman kamu bisa langsung tumbuh, tapi kalo ga tumbuh kamu harus sabar aja deh nungguin panen nya yah wkwk.

Wheat akan siap panen kalo sudah berubah warna kekuningan:

Kalo kamu sudah memanen wheat/gandum, kamu akan dapat item Wheat-nya yang bisa digunakan untuk membuat makanan atau memberi makan sapi dan domba kamu. Dan tentunya kamu juga bakal dapet seeds lagi buat bikin ladang yg lebih besar dong!

Besarnya Lahan
1 Blok air bisa mencakup hingga 80 blok lahan pertanian:

Tip: Gunakan Lilypad di atas air agar kamu bisa berdiri diatasnya.
Tip:  Kamu bisa memanen wheat lebih cepat dengan menggunakan air yang mengalir.

Semangka dan Labu


Semangka adalah sumber makanan yang sangat berguna untuk karakter kamu dan bisa digunakan juga untuk membuat potion/ramuan. Labu tidak bisa dimakan, tapi bisa digunakan sebagai helm untuk melindungi kamu dari serangan enderman. Labu juga bisa di gunalan untuk membuat Jack'O'Lanterns sebagai hiasan rumah kamu.

Bibit Semangka dan Labu
Bibit nya bisa kamu temukan di dalam Chest di dungeon atau dibawah tambang yang sudah lama ditinggalkan. (yang ada jalan dan rel2 nya dibawah tambang). Oh ya Semangka juga bisa ditemukan di NPC villager, kamu bisa barter dengan villager dan Labu juga kadang bisa ditemukan di sekitar perumahan milik Villagers, kamu bisa mencuri secara sopan deh ya dari kawasan nya villagers wkwk. Dan kalo sudah dapet semangka dan labunya kamu bisa buat seeds nya supaya bisa ditanam lagi.

Menanam Semangka dan Labu
Seeds atau Bibit sebaiknya harus di tanam di lahan pertanian yang sudah diberi air. Kemudian tanaman nya akan tumbuh menjadi tanaman labu dan semangka, biasanya memakan waktu 10-30 menit. Ketika tanaman sudah matang nanti labu dan semangka akan muncul di samping tanaman-nya.

  • Percepat pertumbuhan tanaman dengan menggunakan bonemeal.
  • Ketika tanaman matang semangka dan labu nya akan muncul di blok yang kosong.
  • Setelah panen tanaman akan tetap tumbuh dan menghasilkan buahnya selama tanaman tidak dihancurkan.
  • Tanaman hanya bisa menghasilkan 1 buah pada saat yang sama.
  • Axe atau kampak adalah alat yang cepat untuk memanen semangka dan labu.
Cara Tanaman Melon Dan Semangka Tumbuh
Sebenernya masih banyak cara untuk membuat ladang melon dan semangka kalo kamu sudah tau tata letak tumbuhnya, tapi ini ku kasih tau 2 contohnya buat yang belum tau dibawah ya:

Lilypads

Memasang Liypads diatas air selain berguna untuk pijakan karakter kamu, lilypad juga berguna untuk menahan Semangka agar tidak jatuh ke dalam air.

Wortel dan Kentang


Wortel dan Kentang kadang bisa dapet dari membunuh mobs zombie. Bisa juga di dapatkan dari villagers.

Menumbuhkan tanaman ini hampir sama dengan menumbuhkan wheat, hanya saja tidak membutuhkan seeds/bibitnya, tapi langsung tanam dengan buahnya. Menggunakan air dan percepat pertumbuhan menggunakan bonemeal. Dan kamu akan dapat banyak buah ketika panen.

Wortel dan Kentang bisa dimakan mentah, tapi akan lebih kalo kamu panggang dulu di dalam furnace.

Beetroot


Beetroot adalah tanaman yang bisa di temukan di ladang villagers, setelah kamu panen beetroot, kamu akan dapat buah dan bibitnya.

Beetroot bisa kamu makan mentah atau bisa dibuat jadi sup beetroot. dan bisa juga dibuat jadi dye warna merah.

Cocoa Beans


Cocoa beans bisa ditemukan di dalam chest dungeon atau bisa lebih mudah ditemukan di pohon hutan. Kamu bisa menanam cocoa beans di potongan pohon hutan (Jungle Wood) atau menanam dipohonnya langsung. Tanam dimanapun yang kamu inginkan, seperti tanaman lain-nya, cocoa beans membutuhkan waktu untuk tumbuh. Ketika sudah matang kamu bisa panen cocoa beans nya.


Nether Wart


Nether wart hanya bisa ditemukan di Nether Fortress, kalo kamu sudah punya, kamu bisa tanam dimanapun. Tanam nether wart di atas pasir Soul Sand, tunggu hingga tumbuh, dan panen setelah matang.

Tanaman ini ga membutuhkan cahaya, tapi ga bisa dipercepat dengan bonemeal, dan kamu hanya bisa menumbuhkan-nya di atas pasir Soul Sand, tidak bisa di pasir biasa.

Mushroom (Jamur)
Jamur kayanyan bukan tanaman ya, dan juga jamur sulit untuk di tumbuhkan dengan mudah. Tapi jamur ini adalah sumber makanan yang penting di dalam Minecraft.
Previous Post Next Post