Apa Itu Minecraft?




Apa itu Minecraft?

      
  Minecraft adalah permainan sandbox. Permainan ini awalnya diciptakan oleh pencipta asal Swedia, Markus "Notch" Persson, dan sekarang dikembangkan oleh perusahaannya, Mojang. Pada tahun 2011, Jens Bergensten, juga dikenal dengan nama samaran Jeb, mengambil alih kontrol Minecraft. Minecraft dirilis dari alpha pada 17 Mei 2009, dengan versi beta pada tanggal 20 Desember 2010. Resmi untuk versi iOS, Android dan versi lengkap dari PC dirilis pada 18 November 2011 di MineCon 2011, dan juga tersedia di android Market Pada tanggal 9 Mei 2012. Minecraft dirilis pada Xbox 360 sebagai permainan Xbox Live Arcade, dikembangkan oleh 4J Studios saat tanggal 25 Mei 2012, permainan ini telah terjual lebih dari tujuh juta penjualan pada PC dan lebih dari sembilan juta kopi di semua platform.

Minecraft adalah permainan sandbox yang dapat menghancurkan atau menempatkan blok untuk membangun apapun yang kita inginkan sesuai kreatifitas dan imajinasi kita sendiri. Pada awalnya para crafter harus membangun tempat tinggal untuk melindungi diri dari serangan monster yang biasa muncul dimalam hari. Tetapi karena semakin berkembangnya game Minecraft, sekarang pemain dapat bekerja sama dengan orang lain ataupun teman untuk menciptakan hal hal yang lebih indah dan imajinatif dalam dunia Minecraft.
  


Seperti apakah game Minecraft?

      Kita sebagai seorang pemain di Minecraft memiliki banyak kebebasan untuk memilih cara permainan kita sendiri, dengan tujuan utamanya adalah bertahan hidup dan menghindari dari serangan monster, ( dalam permainan biasa dikenal sebagai 'hostile mobs' seperti zombie, skeleton dan creeper. ) dan juga untuk membangun tempat tinggal, ladang dan peternakan, sesuai keinginin kita sendiri. Minecraft pada dasarnya disusun dalam pola grid yang terdiri dari bahan-bahan yang berbeda, seperti tanah, batu, pasir, air, kayu, macam macam pokoknya masih sangat banyak. Jadi sebelum kita membangun sesuatu kita harus mencari sumber daya alam terlebih dahulu untuk membangun sesuatu bangunan yang kita inginkan.

Minecraft mempunyai tiga mode permainan yaitu:
Survival
, yang mengharuskan pemain untuk mendapatkan sumber daya sendiri dan memiliki poin nyawa dan lapar, pastinya kita harus menjadi survivor, bertahan hidup, mencari sumber daya alam dan membuat bangunan dengan hasil sumber daya alam yang kita dapatkan.
Hardcore
, sama seperti mode survival hanya saja tingkat kesulitannya lebih tinggi, 'hostile mobs' lebih agresif dan kita hanya memiliki 1 nyawa dalam 1 permainan yang kita buat, mau tidak mau kita harus menghapus dunia yang kita buat di minecraft dan memulainya dari awal.
Creative, di mana pemain memiliki sumber daya yang tak terbatas, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada poin nyawa maupun lapar. Jadi di mode ini kita hanya mengandalkan Kreatifitas kita untuk membangun sesuatu yang imajinatif tanpa harus mencari sumber daya alam lagi

Permainan dimulai dengan menempatkan pemain di dunia minecraft yang sangat luas, pemain dapat berjalan di medan yang terdiri dari daratan, gunung, gua, maupun perairan. Dunia minecraft juga terdapat berbagai macam biome, mulai dari Gurun, Hujan, Salju, dll. Sistem waktu dalam permainan mengikuti siklus siang dan malam. Saat di siang hari terdapat binatang-binatang, yang bisa diburu untuk persediaan makanan dan bahan kerajinan. saat malam atau di dalam gua yg gelap, para hewan liar dan monster keluar, seperti laba-laba besar, skeleton, zombie dan Creeper. Saat ini, pemain juga bisa bertemu dan melawan "Enderdragon". Terdapat 3 jenis dunia yang ada di minecraft. Pertama, overworld, dimana player mulai bepertualang dan bertahan hidup. Kedua, Nether, Nether adalah neraka dalam permainan minecraft. Sedangkan yang ketiga adalah The End, nah tempat dimana Enderdragon berada.

Sistem yang kompleks dapat dibangun menggunakan dalam game mesin fisika dengan penggunaan perangkat mekanik primitif, sirkuit listrik dan gerbang logika yang dibangun dengan bahan dalam game dikenal sebagai Redstone. Misalnya, pintu dapat dibuka atau ditutup dengan menekan tombol yang terhubung atau menginjak pressure plate. Demikian pula, sistem yang lebih besar dan lebih kompleks dapat diproduksi, seperti unit aritmatika logika kerja.

Meskipun Minecraft sebagian besar permainan sandbox, tetapi minecraft juga mengandung beberapa unsur petualangan.
Previous Post Next Post